kampoeng-IT

tempatnya sharing info IT, follow this site you'll be excited. trust me! it's work


English French Spain Italian


Bagi yang berminat tukeran link dengan blog ini bisa klik disini

Exchange link? click here

Teknologi Internet dan New Media

Home » » Teknologi Internet dan New Media

Sobat Kampoeng-it postingan kali ini adalah tugas dari dosen saya bapak Mochammad Wisuda Sarjono, Tugas kali ini adalah menulis Teknologi Internet dan New Media.
Oke, langsung saja pertama apa itu Internet yang saya kutip dari Wikipedia 

"Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking."
Pengertian Internet 

Dari gambar dan pengertian diatas bisa kita bayangkan apa itu internet, menurut saya sendiri Internet adalah fasilitas yang bisa menghubungkan banyak penggunanya di seluruh dunia contohnya adalah kita dapat berteman dengan orang lain yang jauh disana dengan Facebook, kita bisa ngobrol dengan teman-teman kita lewat chatting, berbagi/sharing file, video, lagu dengan orang lain dengan mudah. Nah itu semua adalah manfaat dari Internet,yang terhubung dari komputer kita ke Jaringan telepon yang kemudian disambungkan ke perusahaan penyedia layanan Internet (provider) yang kita gunakan, kemudian ke satelit telekomunikasi dan ke provider teman kita dan akhirnya terhubung ke komputer teman kita.

Berikut adalah layanan Internet yang tentunya populer dan sering kita gunakan:

  • Facebook (social network)
  • Twitter (micro-blog, social network)
  • Yahoo Messenger (chatting)
  • Blogger, wordpress (blog)
  • Picassa (album foto online)
  • wikipedia (ensiklopedia online)
  • Kampoeng-it (blog keren) hehe :) 
Sama seperti halnya kita sekolah,kuliah,hidup sosial, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.

Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).


contohnya seperti kasus pencemaran nama baik suatu instansi oleh orang lain lewat sosial media yang pernah terjadi di Indonesia, dan termasuk didalamnya apabila kita meng-hack Facebook teman kita bisa dituntut di pengadilan terkait peraturan UU ITE.

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.

Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.


Saya rasa uraian tentang Internet diatas sudah cukup, iya kan?
sekarang kita bahas apa sih NEW MEDIA itu?

New media adalah istilah yang luas dalam studi media yang muncul di bagian akhir abad ke-20 yang mengacu pada on-demand akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar konten media. Media baru adalah "demokratisasi" dari, penerbitan penciptaan distribusi, dan konsumsi konten media. Aspek lain dari media baru adalah generasi real-time baru, konten yang tidak diatur.

New Media juga baru-baru menarik bagi masyarakat global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan karenanya dapat cepat diambil dan reverse direkayasa oleh pemerintah nasional. Terutama menarik bagi masyarakat adalah Facebook dan Twitter, dua situs di mana orang bebas memberikan informasi pribadi.

 
Seperti sobat Kampoeng-IT tau sekarang,anak muda sering menggunakan waktunya untuk sms dan mengakses situs jejaring sosial di jalan, transportasi, di sekolah dan di rumah. Hal itu adalah umum di Dunia ini sekarang.

Di Amerika Serikat, Berdasarkan data nasional yang representatif, sebuah Kaiser Family Foundation Studi dilakukan di lima tahun interval pada tahun 1998-1999, 2003-2004 dan 2008-2009 menyimpulkan bahwa dengan teknologi yang memungkinkan akses hampir 24 jam, jumlah waktu anak muda menghabiskan waktu dengan hiburan Media telah meningkat secara dramatis, terutama di kalangan pemuda , umur 8-18 menghabiskan waktu rata-rata 7 jam dan 38 menit (7:38) untuk menggunakan media hiburan di hari-hari biasa (lebih dari 53 jam seminggu). 
 
Karena banyak waktu yang dihabiskan untuk 'media multitasking' (menggunakan lebih dari satu media pada satu waktu), mereka benar-benar berhasil menghabiskan total 10 jam dan 45 menit, membaca konten media 7 ½ jam per hari. Menurut Pew Internet & American Life Project, 96% dari orang 18-29 tahun dan tiga perempat (75%) dari remaja sekarang memiliki ponsel, 88% di antaranya text, dengan 73% dari remaja Amerika kabel menggunakan jejaring sosial website, hasil tersebut peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

Oke dari uraian diatas kita dapat simpulkan bahwa NEW MEDIA sangat berpengaruh bagi masyarakat, terutama anak-anak muda (termasuk penulis hehe) lebih suka melihat/membaca artikel lewat web ketimbang membaca dengan media lama seperti buku, koran dan lain-lain, karena dirasa lebih praktis dan mudah.

Bahkan sekarang muncul lagi media-media baru dalam perangkat mobile, seperti whatsup, LINE yang hampir menggantikan fungsi SMS karena lebih murah dan banyak fasilitas yang ditawarkan.
 

TUGAS SOFTSKIL  - Teknologi Internet dan New Media
NAMA : MUHAMMAD RESYA ELYASA
NPM : 54411936

Share this




You might also like: