kampoeng-IT

tempatnya sharing info IT, follow this site you'll be excited. trust me! it's work


English French Spain Italian


Bagi yang berminat tukeran link dengan blog ini bisa klik disini

Exchange link? click here

Apa perbedaan Wide XGA (WXGA) dengan SVGA dan Pengertiannya

Home » , , » Apa perbedaan Wide XGA (WXGA) dengan SVGA dan Pengertiannya

Teman-teman pasti sering mendengar istilah WXGA atau SVGA apabila ingin membeli Laptop, Komputer dan VGA Card. Waktu sobat membaca spesifikasinya, apakah sobat tahu apa itu Wide XGA (WXGA) dan SVGA? Jika belum tau simaklah artikel saya ini tentang Apa perbedaan Wide XGA (WXGA) dengan SVGA dan Pengertiannya.

Wide XGA (WXGA) adalah satu set non standard resolusi berasal dari layar XGA standar dengan memperluas ke aspek rasio layar lebar. WXGA umumnya digunakan untuk TV LCD low-end dan LCD monitor komputer layar lebar untuk presentasi.

Ketika mengacu pada televisi dan monitor lainnya yang ditujukan untuk penggunaan konsumen hiburan, WXGA umumnya dipahami untuk merujuk ke resolusi 1366 × dengan rasio aspek 16:9, 768. Pada tahun 2006 ini adalah resolusi yang paling populer untuk cairan televisi layar kristal sementara XGA adalah untuk TV Plasma display panel datar.


Ketika mengacu pada menampilkan laptop atau monitor yang dimaksudkan terutama sebagai menampilkan komputer, WXGA paling sering digunakan untuk merujuk kepada resolusi 1280 × 800 piksel dengan rasio aspek 16:10. Resolusi ini sangat populer bagi kebanyakan laptop dengan 14 "atau 15" layar. Resolusi ini merujuk tepat adalah agak variabel, Namun, sebagai 1280xnnn resolusi itu antara resolusi layar lebar pertama yang umum digunakan, dan menggunakan istilah masuk (terutama untuk menampilkan laptop) sebelum 16:10 standardisasi luas untuk menampilkan komputer layar lebar.

Secara keseluruhan, beberapa keputusan telah dicap sebagai WXGA. Ini adalah resolusi yang paling umum diberikan label (untuk naik dengan jumlah piksel):










* 1280 × 720
* 1280 × 768
* 1280 × 800
* 1360 × 768
* 1366 × 768


1280 × 720 piksel sempurna menyediakan persegi pada aspek rasio 16:9, sedangkan tambahan piksel di 1280 × 768 dan 1280 × 800 harus diabaikan untuk memberikan rasio 16:9 tanpa peregangan vertikal gambar. 1360 × 768 dan 1366 × 768 datang sangat dekat dengan 16:9, menampilkan piksel persegi persis jika 1360 × 765 piksel layar digunakan.

ketersediaan luas terbaru tentang LCD resolusi 1280x800 pixel untuk monitor laptop dapat dianggap sebagai evolusi OS didorong dari ukuran layar 1024x768 sebelumnya populer. Dalam sistem operasi Windows Microsoft secara khusus, task bar ketika cocok untuk bagian bawah layar menempati sekitar 30 pixel, yang memungkinkan sebuah jendela program berukuran 1024x768 piksel untuk muat pada layar tanpa halangan (800-768 = 32). Operasi Windows Sidebar pada Windows Vista dapat memanfaatkan sisa lebar dari 256 piksel (1280-1024).

720p, modus video HDTV, adalah standar yang terkait, dengan ukuran 1280 × 720 piksel.

1440 × 900 resolusi display juga telah ditemukan dicap sebagai WXGA, namun label yang benar adalah WSXGA atau WXGA +.

SVGA
Super Video Graphics Array atau Ultra Video Graphics Array, hampir selalu disingkat Super VGA, Ultra VGA atau SVGA atau UVGA adalah istilah luas yang mencakup berbagai standar tampilan komputer.

Awalnya, itu adalah ekstensi untuk standar VGA pertama dirilis oleh IBM pada tahun 1987. Tidak seperti VGA-murni IBM-didefinisikan standar-Super VGA didefinisikan oleh Video Electronics Standards Association (VESA), sebuah konsorsium terbuka didirikan untuk mempromosikan interoperabilitas dan menetapkan standar. Ketika digunakan sebagai spesifikasi resolusi, berbeda dengan VGA atau XGA misalnya, istilah SVGA biasanya mengacu pada resolusi 800 × 600 piksel.

Meskipun Super VGA kartu muncul di tahun yang sama dengan VGA, tidak sampai tahun 1989 yang Super VGA ditentukan oleh VESA. Dalam versi pertama, ia menyerukan resolusi 800 × 600 piksel 4-bit. Setiap piksel sehingga dapat salah satu dari 16 warna yang berbeda. Itu cepat menyebar ke 1024 × 768 piksel 8-bit, dan juga di luar bahwa dalam tahun-tahun berikutnya.

Meskipun jumlah warna didefinisikan dalam spesifikasi asli, ini segera menjadi tidak relevan sebagai (dalam kontras dengan standar CGA lama dan EGA) antarmuka antara kartu video dan monitor VGA atau Super VGA menggunakan tegangan analog sederhana untuk menunjukkan warna yang diinginkan . Karena itu, sejauh memantau yang bersangkutan, tidak ada batasan teoritis untuk jumlah warna yang berbeda yang dapat ditampilkan. Catatan bahwa ini berlaku pada monitor VGA atau Super VGA.

Sedangkan output dari kartu VGA atau Super VGA video analog, perhitungan kartu internal untuk melakukan sampai pada tegangan output ini seluruhnya digital. Untuk meningkatkan jumlah warna layar sistem Super VGA dapat mereproduksi, tidak ada perubahan sama sekali diperlukan untuk monitor, namun kartu video kebutuhan untuk menangani jumlah yang jauh lebih besar dan mungkin perlu dirancang ulang dari awal. Meskipun demikian, para vendor chip grafis yang memproduksi suku cadang untuk kartu video high-warna hanya dalam beberapa bulan pengenalan Super VGA.

Di atas kertas, aslinya Super VGA itu harus digantikan oleh Super XGA, tetapi dalam praktik industri itu segera meninggalkan upaya untuk memberikan nama yang unik untuk setiap standar tampilan yang lebih tinggi, dan hampir sistem menampilkan semua dibuat antara tahun 1990-an dan awal 2000-an adalah digolongkan sebagai Super VGA.

Monitor kadang-kadang produsen mengiklankan produk mereka sebagai XGA atau Super XGA. Dalam prakteknya ini berarti kecil, karena semua monitor Super VGA yang diproduksi sejak tahun 1990-an kemudian telah mampu setidaknya XGA dan kinerja yang biasanya jauh lebih tinggi.

SVGA menggunakan konektor VGA, yang DE sama-15 (alias HD-15) sebagai standar asli.















berikut adalah Chart Perbandingan Wide XGA (WXGA) dengan SVGA 
- klik gambar untuk melihat gambar lebih besar.














You might also like: