kampoeng-IT

tempatnya sharing info IT, follow this site you'll be excited. trust me! it's work


English French Spain Italian


Bagi yang berminat tukeran link dengan blog ini bisa klik disini

Exchange link? click here

Digital Alliance 216SP Sonic GeForce GTX260, Nikmatnya Rasa Kartu Grafis Kelas Atas

Home » , » Digital Alliance 216SP Sonic GeForce GTX260, Nikmatnya Rasa Kartu Grafis Kelas Atas

KOMPAS.com - Masih bingung memilih kartu grafis? Coba lihat Digital Alliance 216SP GeForce GTX260, meskipun harganya cukup mahal, sekitar Rp 2,5 jutaan, tapi performanya tak akan membuat Anda kecewa.
Kartu grafis besutan Digital Alliance ini sudah menggunakan chip GeForce GTX 260 dari NVidia, yang dilengkapi dengan 1400 juta transistor, 216 stream (shader) processor (SP), dan memori DDR3 sebesar 896 MB dengan antarmuka 448 bit, yang menghasilkan 993 GigaFLOP processing power, membuat kartu grafis ini layak untuk berada di jajaran papan atas.

GeForce GTX 260 adalah GTX 280 yang telah diluncurkan lebih dulu, hanya saja dengan kemampuan yang lebih rendah untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Performanya pun 20-25% di bawah saudara tuanya, namun tetap memiliki karakteristik sebagai kartu grafis kelas atas. Besar dan bertenaga Pada pengujian menggunakan game Crysis v1.2, kartu ini mampu menampilkan gambar rata-rata 40 fps pada resolusi 1280x1024 piksel dengan semua settingan maksimum pada PC dengan prosesor Intel Q6800 2,8 GHz dan 4 GB RAM DDR2 PC800 dengan sistem operasi Windows Vista Professional. Tak hanya kinclong untuk bermain game, pada uji 3DMark06 v1.1.0, GTX 260 mampu meraih skor 17193.


Secara fisik kartu ini berukuran cukup besar, memiliki panjang hampir dua kali lipat dari ukuran kartu grafis pada umumnya, serta memerlukan 2 slot pada mainboard untuk memasangnya. Bagi Anda yang tidak memiliki casing dan mainboard yang cukup besar, sebaiknya berhitung dulu ketika ingin mengadopsi kartu ini. Sebab, kekuatan yang dimilikinya juga menuntut kebutuhan power supply (PSU) yang besar. Kartu GTX 260 ini membutuhkan konsumsi tenaga sebesar 182 watt, yang disalurkan melalui dua buah konektor 6 pin langsung dari PSU.

Meskipun demikian, beberapa tes yang dilakukan untuk menguji konsumsi dayanya menunjukkan bahwa GTX 260 yang digunakan pada motherboard dengan chipset nForce yang memiliki kemampuan HybridPower, menunjukkan GTX 260 tak menarik daya sedikitpun (0 watt) jika tak sedang melakukan operasi yang menuntut kinerja grafis yang tinggi. Hal ini menunjukkan, meskipun kartu grafis ini tergolong 'haus daya', tapi tetap lebih efisien dibandingkan dengan kartu high end pada masa lalu, bahkan kinerjanya juga jauh lebih baik.

Dua buah fan pendingin cukup efektif membuat suhu kartu grafis yang memiliki core clock 576 MHz dan memory clock 990 MHz ini cukup dingin pada suhu 60 - 65 derajat celsius dalam kondisi normal dan sekitar 70 derajat celsius pada keadaan berfungsi penuh. Suara kedua fan cukup halus, sehingga tidak mengganggu. Digital Alliance juga melengkapi kartu ini dengan dua buah konektor DVI dan sebuah output S-video.

Packagingnya dibuat cukup mewah, dengan kotak plastik berwarna hitam yang berisi: CD Driver, Adapter DVI (1x), HDMI (1x), kabel HDTV, kabel power 6 pin dan bonus DVD game Tomb Raider Anniversary. Kesimpulan DA GTX 260 adalah kartu grafis yang memiliki performa sangat baik.

Meskipun memiliki spesifikasi yang tinggi, namun secara umum kartu tidak menimbulkan panas yang berlebihan pada saat operasi. Ukurannya yang besar akan menyulitkan Anda yang tidak memiliki ukuran casing CPU yang lega. Konsumsi daya kartu ini cukup efisien, namun disarankan untuk mempersiapkan sebuah power supply dengan daya yang cukup memadai.

Kartu ini akan lebih optimal bekerja pada sistem berbasis quadcore, terutama dengan dukungan PhysX dan CUDA yang akan memindahkan beban CPU ke GPU.


Plus:

  • Performa sangat baik
  • Suara kipas tak terdengar

Minus:


  • Isi paket kurang menarik, hanya satu bonus game
  • Harga cukup mahal





You might also like: